Kader PDIP Anak Koruptor BLBI yang Ejek Panglima TNI Dilaporkan ke MKD


Jakarta - Generasi Muda Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR) melaporkan anggota Komisi DPR RI Charles Honoris Mahkamah Kehormatan Dewan. Politisi PDI Perjuangan itu diduga telah melakukan pelanggaran kode etik dan pelecehan lambang negara Pancasila.

Sekjen Generasi Muda MKGR Fikri Suadu menjelaskan, pihaknya melaporkan karena pernyataan Charles yang menyebut Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo telah melakukan pencitraan dalam penghentian kerja sama militer dengan Australia. Padahal, langkah panglima itu didasari adanya pelecehan Pancasila oleh oknum Australian Defence Force (ADF).

"Kami menyayangkan pernyataan tersebut keluar dari anggota DPR yang notabene adalah wakil rakyat. Setelah terjadi pelecehan Pancasila yang dilakukan oknum anggota ADF, panglima TNI berkeberatan, memutus hubungan kerja sama dengan militer Australia. Dan upaya panglima TNI tersebut disebut pencitraan," jelasnya di Gedung DPR, dikutip dari rmol.co  Jumat (13/1).

Fikri mengatakan, Charles terindikasi melakukan perbuatan bertentangan dengan kode etik anggota dewan yang tidak boleh menyebarkan prasangka. Selain itu, sangat tidak elok sebagai anggota dewan mengejek pernyataan panglima TNI dalam membela Pancasila.

Menurutnya, langkah panglima TNI menghentikan hubungan kerja sama dengan militer Australia merupakan tindakan tepat. Pernyataan itu sebagai cerminan Sapta Marga TNI sebagaimana diatur dalam UU 34/2004 tentang TNI.

Karena itu, MKD diharap dapat menindaklanjuti laporan tersebut untuk menjaga marwah dan martabat parlemen. 

"Mudah-mudahan MKD bisa menjadi forum verifikasi resmi, terkait pernyataan saudara Charles Honoris di luar. Sehingga tidak menimbulkan keresahan dan persepsi," tegasnya. 
Share on Google Plus

About INFOdetik

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment