Polda Metro Jaya Didesak Segera Menahan Ade Armando


INFOdetik.com - LBH Street Lawyer mengirimkan surat berisi permintaan penahanan terhadap pelaku penistaan agama dengan tersangka Ade Armando, selasa (31/1).

Dalam surat yang dikirimkan kepada bagian Penyidik Perkara dengan nomor laporan : LP/1990/V/2015/PMJ/Dit Reskrimsus menyebutkan bahwa dasar permintaan penahanan tersangka adalah karena yang bersangkutan berulang kali mengulangi pernyataan dan status di media sosial yang menodai islam.

Alasan lain yang tertulis dalam surat permohonan tersebut adalah, dikhawatirkan yang bersangkutan akan melarikan diri, dan atau merusak barang bukti serta ancaman pidana penjara 5 tahun yang menjadikan tersangka layak untuk dilakukan penahanan.

Berikut ini isi lengkap surat permintaan dari LBH Street Lawyer tersebut :

Surat Permintaan Penahanan Ade Armando


SURAT PERMINTAAN PENAHANAN TERSANGKA ADE ARMANDO
Hari ini kami telah menyerahkan surat permintaan penahanaan tersangka Sdr. Ade Armando ke pihak Polda Metro Jaya, selanjutnya kami mohon partisipasi masyarakat untuk terus mengawal dan mengawasi perkara ini agar diproses lebih lanjut sampai ke tingkat persidangan.
Salam dari Tim LBH Street Lawyer.
Berikut isi surat kami :
Nomor : 021/SL.Polda.Metro/I/2017
Jakarta, 31 Januari 2017
Lampiran : 1 (satu) bundel
Kepada Yth.,
Penyidik Perkara Laporan Nomor : LP / 1990 / V/ 2015 / PMJ / Dit Reskrimsus, tanggal 23 Mei 2015 di Polda Metro Jaya
c.q. :
1. Kapolda Metro Jaya;
2. Direktur Reskrimsus Polda Metro Jaya;
3. Kasubdit IV Cyber Crime.
Di tempat
Hal : Permintaan Penahanan Tersangka Sdr. Ade Armando
Dengan hormat,
Kami yang bertanda tangan di bawah ini, para Advokat dan Pemberi Bantuan Hukum yang tergabung dalam Lembaga Bantuan Hukum Street Lawyer (LBH Street Lawyer) beralamat di Jalan H. Sa’abun No. 1, Jati Padang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jakarta 12450. Bersama dengan surat ini kami menyampaikan hal sebagai berikut :
1. Bahwa setelah menunggu hampir 2 (dua) tahun sejak laporan Sdr. JOHAN KHAN dengan Laporan Polisi Nomor : LP / 1990 / V/ 2015 / PMJ / Dit Reskrimsus, tanggal 23 Mei 2015 atas dugaan tindak pidana penodaan / penistaan terhadap agama yang dilakukan di media sosial sebagaimana diatur dalam Pasal 156a KUHP jo Pasal 28 ayat (2) jo Pasal 45 ayat (2) UU Nomor 11 Tahun 2011 Tentang ITE, akhirnya Sdr. ADE ARMANDO ditetapkan sebagai TERSANGKA oleh Penyidik Polda Metro Jaya;
2. Bahwa kami sebagai bagian dari civil society meminta kepada pihak POLDA METRO JAYA untuk segera menahan TERSANGKA Sdr. ADE ARMANDO, dengan dasar ybs. telah berulangkali mengulangi membuat pernyataan dan status-status di media sosial yang menodai / menistakan agama Islam dan melukai hati umat Islam yang merupakan bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), kami juga mengkhawatirkan TERSANGKA Sdr. ADE ARMANDO akan melarikan diri serta merusak atau menghilangkan barang bukti, selain itu ybs.juga diancam dengan pidana penjara 5 (lima) tahun atau lebih, sehingga patut bagi pihak POLDA METRO JAYA untuk menggunakan kewenangannya menahan TERSANGKA Sdr. ADE ARMANDO, sesuai alasan subjektif dan objektif sebagaimana diatur dalam Pasal 21 ayat (1) dan 21 ayat (4) Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP).
Demikianlah permintaan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.
Hormat Kami,
LBH Street Lawyer
Rangga Lukita Desnata, S.H., M.H.
Mohammad Kamil Pasha, S.H., M.H.
Sumadi Atmadja, S.H.
Tembusan :
1. Bag. Wassidik Polda Metro Jaya;
2. Karo. Wassidik Mabes Polri.
Share on Google Plus

About INFOdetik

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment