Polda Metro : PKI Sudah Gak Ada, Menhan : Kita Patut Curigai Yang Bilang Gak Ada


JAKARTA -- Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan menanggapi pernyataan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab yang menyebut ada indikasi kebangkitan PKI kepada polisi. Namun, menurut Iriawan, pernyataan Habib Rizieq tersebut terkesan mengada-ada.

"‎Domainnya susah jawab itu, karena faktanya kan enggak ada, sudah enggak ada PKI di dunia," ujar Iriawan kepada wartawan, Selasa (24/1).

Iriawan menuturkan, tak mungkin PKI bisa bangkit lagi lantaran sudah diberangus pemerintah lebih dari 50 tahun lalu. Karena itu, kata dia, tak ada yang perlu dikhawatirkan masyarakat.

"Bagaimana bisa bangkit kita tahu juga embrio kalau ada tuh. Itu kan dibuat-buat saja seperti uang itu kan sudah lama dari tahun 2001 sudah ada sistem itu," kata mantan kapolda Jawa Barat tersebut.
Iriawan pun mempertanyakan kenapa Habib Rizieq baru memunculkan isu PKI tersebut saat ini. 

"Terus, kenapa baru sekarang (Habib Rizieq) ngangkatnya?," kata Iriawan.
Terkait kasus pernyataan Habib Rizieq tentang uang kertas baru berlogo palu arit, Iriawan sendiri memastikan lembar pengamanan dalam mata uang tersebut tidak berlambang palu arit. "Itu sudah dibuktikan dari keterangan saksi ahli Bank Indonesia," katanya.

Statemen Kapolda Metro Jaya ini berbanding terbalik dengan pernyataan Menhan  Ryamizard Ryacudu

Saat menggelar acara pertemuan dengan persatuan purnawirawan TNI AD serta Organisasi Masyarakat anti-Partai Komunis Indonesia (PKI) di Balai Kartini (13/5) tahun lalu, Menhan sempat mengeluarkan statemen tegas : "Jadi, kita patut curigai itu yang bilang nggak ada (PKI), mungkin dia yang komunisme," jelasnya.

Seperti diketahui, setelah menjalani pemeriksaan kasus uang 'palu arit' di Mapolda Metro Jaya, Senin (23/1) lalu, dalam orasinya Habib Rizieq sempat meminta polisi dan masyarakat untuk waspada akan kebangkitan PKI. Habib Rizieq menyebut indikasi itu sudah ada, salah satunya melalui mata uang baru yang dianggap berlogo lambang PKI tersebut.
Share on Google Plus

About INFOdetik

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment