Lawan Hoax, Polri Luncurkan Aplikasi "PolisiKu"


Jakarta - Sebagai upaya untuk meredam penyebaran hoax yang akhir-akhir ini marak beredar dan meresahkan masyarakat, pihak kepolisian membuat aplikasi bernama "PolisiKu". Masyarakat dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk melaporkan berita hoax.
Tidak hanya untuk melaporkan hoax, tapi aplikasi ini juga akan digunakan oleh kepolisian untuk menyebarkan informasi terkait layanan dan institusi kepada masyarakat.
“Informasi yang ada bersifat imbauan untuk menghindari posting yang dilarang, terkait dengan SARA, fitnah atau menyebarkan kebencian,” tulis Mabes Polri dalam keterangan yang diterima wartawan, dikutip dari elshinta.com Jumat (3/2).
Informasi NTMC Polri, untuk mengonfirmasi kebenaran berita yang tersebar, "PolisiKu" juga bisa digunakan. Bahkan, pengguna aplikasi juga bisa mengadukan polisi yang nakal di jalanan, misalnya meminta pungutan liar ketika ditilang.
Fungsi utama dari aplikasi "PolisiKu" ialah memudahkan masyarakat menjangkau polisi untuk meminta bantuan. Dua fitur utamanya yakni mencari pos polisi terdekat dari posisi pengguna dan mencari pos polisi di mana saja di Indonesia.
Dengan kategori bantuan di antaranya, bantuan keadaan darurat, layanan SIM, BPKB, STNK & SKCK, laporan kehilangan, laporan penyalahgunaan narkoba dan miras, serta dua layanan yang tidak dibawahi Polri, yaitu UGD dan pemadam kebakaran.
Aplikasi ini sejatinya diperkenalkan secara resmi sejak Desember 2016.
"PolisiKu" dapat melihat jarak pos polisi dari lokasi pengguna, alamat pos polisi, lokasi pos polisi pada peta, nomor telepon pos polisi, dan langsung menelepon dengan cara menekan button pada aplikasi, jam pelayanan pos polisi, syarat dan ketentuan pelayanan
Aplikasi ini secara gratis dapat dengan mudah diunduh melalui Google Play dan Apps Store. 
Share on Google Plus

About INFOdetik

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment